It is currently Wed Aug 23, 2017 1:15 pm

Pilihan Bagi Lajang, Rumah Atau Mobil?

Ingin membeli dan berinvestasi di bidang property? Share pengalaman atau tanyakan pada ahlinya.
 
Posts: 3
Joined: Thu Aug 28, 2014 3:17 pm

Pilihan Bagi Lajang, Rumah Atau Mobil?

Post by abc » Thu Aug 28, 2014 7:48 pm

Memiliki rumah dan kendaraan pribadi memang menjadi idaman kebanyakan orang. Tak terkecuali bagi Anda yang masih melajang. Dengan kedua aset itu, kehidupan dan masa depan akan terbayang lebih cerah. Pun bisa mengangkat status sosial. Tapi bagaimana bila kondisi keuangan tidak memungkinkan Anda memiliki keduanya secara bersamaan. Manakah yang perlu diprioritaskan?

Image

Perencana Keuangan dari OneShildt Financial Planning, Mohammad Andoko mengatakan, pemilihan itu harus berdasarkan atas tujuan kehidupan Anda di masa depan. Jika belum berencana menikah dalam waktu dekat dan masih ingin berkonsentrasi membangun karier, membeli mobil bisa jadi pilihan.

"Terutama bagi orang yang jenis pekerjaannya membutuhkan alat transportasi sebagai penunjang," kata dia kepada Plasadana.com untuk Yahoo Indonesia, Kamis, 21 Agustus 2014.
Selain berfungsi meningkatkan produktivitas, mobil juga bisa menjadi sarana untuk aktivitas hiburan Anda. Seperti berlibur bersama teman, atau berjalan-jalan dengan pasangan. "Kalau memilih mobil, Anda perlu memikirkan biaya perawatan dan konsumsi bensinnya," kata dia.

Sementara bagi Anda yang ingin menjadikan pengeluaran sebagai sarana investasi, ada baiknya mendahulukan pembelian rumah. Sebab, rumah termasuk jenis aset yang nilainya terus bertambah setiap tahun. Sebaliknya dengan kendaraan, semakin lama terpakai harga jual kembali justru cenderung menurun. "Walaupun belum berencana menikah, niat membeli rumah bisa terwujud selama kondisi keuangan memungkinkan," kata dia.

Untuk mengetahui kesehatan keuangan, Anda harus memeriksa kesiapan dalam membayar uang muka KPR. Berdasarkan peraturan Bank Indonesia, jumlah uang muka bagi rumah pertama adalah 30 persen dari harga jual properti. Ada bisa mengumpulkan dana ini dengan menyisihkan pendapatan sekitar 20 persen setiap bulan. "Rasionya bisa berbeda tiap orang, dengan memperhatikan pendapatan dan harga rumah yang ingin dibeli," kata dia.

Selanjutnya, pastikan gaji bulanan Anda cukup untuk membayar cicilan. Berdasarkan teori, jumlah cicilan utang maksimal sekitar 30-35 persen. Adapun pembagiannya, 20 persen untuk utang produktif dan sisanya untuk utang konsumtif. Dan karena rumah merupakan utang produktif, rasionya bisa diperbesar menjadi 30 persen. "Asalkan jika diakumulasikan dengan utang lain, jumlahnya tak melewati 35 persen dari total pendapatan Anda," ujarnya.

Terakhir, persiapkan kebutuhan untuk dana tambahan. Seperti biaya administrasi, biaya penilaian jaminan, jasa notaris, Akta Pemberian Hak Tanggungan (APHT), serta Bea Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB). Sementara soal jangka waktu kredit, bisa menyesuaikan besaran cicilan dan kesanggupan Anda. "Semakin cepat, malah tambah bagus."

@onion24@ @onion24@



 
Posts: 1
Joined: Wed Aug 12, 2015 4:02 pm

Re: Pilihan Bagi Lajang, Rumah Atau Mobil?

Post by keepgood » Tue Aug 25, 2015 9:57 am

thank you for your sharing!
Here are cheapest FIFA 16 Coins,try now!

 
Posts: 9
Joined: Thu Oct 01, 2015 2:14 pm

Re: Pilihan Bagi Lajang, Rumah Atau Mobil?

Post by 9abdimen » Thu Oct 01, 2015 2:22 pm

Kalau saya sih mendingan mobil, kalo soal tempat tinggal bisa mencari hunian apartemen karna biaya perawatannya tidak begitu mahal
Apartemen-Abdi : Hunian sewa apartemen dengan fasilitas lengkap

 
Posts: 3
Joined: Wed Oct 07, 2015 2:36 pm
Location: Jepara

Re: Pilihan Bagi Lajang, Rumah Atau Mobil?

Post by pijsuk » Wed Oct 07, 2015 2:44 pm

mumpung masih lajang, mending persiapkan rumah terlebih dahlu besera furniture-furniture indoornya, urusan mobil belakangan aja, tapi kalo anak alay sih pasti lebih milih mobil dulu. hahahaha @onion9@
Sebagai indoor furniture jepara , Pijarsukma mampu memberikan pelayanan yang baik dalam bidang furniture

 
Posts: 5
Joined: Wed Mar 23, 2016 9:33 am

Re: Pilihan Bagi Lajang, Rumah Atau Mobil?

Post by pendian » Wed Mar 23, 2016 10:07 am

9abdimen wrote:Kalau saya sih mendingan mobil, kalo soal tempat tinggal bisa mencari hunian apartemen karna biaya perawatannya tidak begitu mahal


memang mobil perawatannya tidak mahal?

 
Posts: 3
Joined: Thu Jun 16, 2016 2:10 pm
Location: DKI Jakarta, Indonesia

Re: Pilihan Bagi Lajang, Rumah Atau Mobil?

Post by kabang » Thu Jun 16, 2016 2:28 pm

Saya sih jujur aja mendingan beli rumah dulu, karena nantikan buat hunian tempat tinggal. Abis beli rumah langsung nyicil deh tuh keperluan furniture sampe interiornya yang sesuai dengan keinginan @onion22@
Abis urusan rumah selesai, cari mobil macem Santa Fe deh @onion29@
KANG BANG - sedia Plafon, HPL, Marmer, Lantai Vinyl dan yang lainnya untuk hunian Anda.

 
Posts: 5
Joined: Tue Jun 21, 2016 10:50 am

Re: Pilihan Bagi Lajang, Rumah Atau Mobil?

Post by darlanepta » Tue Jun 21, 2016 11:02 am

kalau ane nich, misal dapet rejeki nomplok.... 1 M misal, ya mending tak beliin mobil yang layak pakai dan nga terlalu mahal, sisanya depositokan... nah hasil deposito setahun udah bisa buat ngontrakin rumah...... @onion9@

 
Posts: 5
Joined: Thu Jun 23, 2016 10:01 am

Re: Pilihan Bagi Lajang, Rumah Atau Mobil?

Post by namarana » Thu Jun 23, 2016 10:09 am

kalau gue sih pilih rumah ,,, rumah bisa di jual kembali dan harga tahun semakin tahun semakin naik ,..kalau mobil harga jual nya cepet turun

 
Posts: 6
Joined: Tue Apr 26, 2016 11:26 am
Location: Indonesia

Re: Pilihan Bagi Lajang, Rumah Atau Mobil?

Post by Palu1000 » Mon Sep 26, 2016 3:32 pm

Tergantung kebutuhannya. Kalau kebutuhan akan tempat tinggal sudah terpenuhi, Tinggal mobilnya.. :grin:
Karena Rumah termasuk kedalam 3 komponen penting dalam hidup, meskipun masih lajang.
Palusewu - Jasa pancang & kontraktor pabrik, kantor, rumah, ruko, serta bangunan di Indonesia

 
Posts: 5
Joined: Tue Nov 08, 2016 10:54 am

Re: Pilihan Bagi Lajang, Rumah Atau Mobil?

Post by bluberry » Tue Nov 08, 2016 11:03 am

beli tanah aja dulu,karna harga tanah semakin tahun harganya semakin naik

Next

Return to Properti

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 3 guests